Waspada, Inilah Efek Sumber Radiasi Di sekitar Kita


Efek sumber radiasi

Tanpa kita sadari, sebenarnya radiasi ada disekitar kita. Bila jumlahnya tepat radiasi dapat bermanfaat, namun bila jumlahnya berlebihan akibatnya dapat mematikan.
Idealnya radiasi adalah pelepasan energi, energi ini dapat berpindah dalam bentuk partikel atau sinar.

Radiasi adalah suatu pancaran energi melalui suatu materi atau ruang dalam bentuk panas, partikel atau gelombang elektromagnetik dari sumber radiasi.
Ada beberapa sumber radiasi yang kita kenal di sekitar kehidupan kita, contohnya adalah televisi, lampu penerangan, alat pemanas makanan (microwave oven), komputer, dan lain-lain.

Radiasi dalam bentuk gelombang elektromagnetik atau disebut juga dengan foton adalah jenis radiasi yang tidak mempunyai massa dan muatan listrik. Misalnya adalah gamma dan sinar-X, dan juga termasuk radiasi tampak seperti sinar lampu, sinar matahari, gelombang microwave, radar dan handphone.

Secara umum terdapat 2 tipe radiasi. yaitu radiasi ion dan radiasi non-ion.

Radiasi Non-Ion

Efek sumber radiasi

Radiasi ini merupakan radiasi yang dipancarkan melalui gelombang, misalnya gelombang radio, suara atau ultraviolet.
Tipe Radiasi inilah yang menyebabkan ponsel, microwave, radio, dan mesin ultrasound bekerja.

Radiasi non-ion memiliki spektrum elekromagnetik yang rendah. Walaupun tidak bisa mengubah molekul kimia pada tubuh manusia, namun dalam jumlah yang besar radiasi ini dapat berbahaya bagi manusia.

Radiasi Ion

Radiasi tipe ini memiliki efek yang cukup kuat terkait pengubahan molekul pada manusia atau benda.
Beberapa sumber dari radiasi ini diantaranya matahari dan bintang serta elemen dalam tanah. Sementara sumber radiasi buatan manusia diantaranya alat Rontgen dan CT-Scan, atau terapi radiasi untuk pengobatan kanker.

Radiasi Ion tergolong radiasi yang memiliki frekuensi tinggi dan memiliki kekuatan yang cukup untuk mengubah atom dan memecah molekul.

Pada manusia dosis tinggi radiasi ion dapat mengubah DNA yang bermanfaat dalam terapi kanker, namun juga berbahaya jika dosisnya tidak teratur.

Sangat jarang seseorang terpapar radiasi dalam tingkat yang berbahaya, kecuali ada kejadian khusus seperti ledakan reaktor nuklir. Partikel radiasi dalam kejadian tersebut bisa terbawa oleh angin cukup jauh, dan juga bertahan di sumber air, tanaman, dan tanah.


0 Response to "Waspada, Inilah Efek Sumber Radiasi Di sekitar Kita"

Posting Komentar

Ada pertanyaan atau komentar ?

Silahkan isi di kolom komentar.
Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak.